Langsung ke konten utama

Pengertian Informasi, Fungsi, Ciri, Komponen Informasi - Tugas Harian Sekolah

PUBLIC RELEATION
Pengertian Informasi

Informasi merupakan data-data yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan yang akan digunakan untuk pengguna informasi. Informasi digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Data pada dasarnya adalah fakta, kejadian, berita fenomena dan sejenisnya yang dapat diolah atau diproses hingga menghasilkan informasi sebagai keluarannya. Data ini biasanya berupa angka, ukuran, kata, kalimat, tulisan-tulisan, uraian cerita, gambar, simbol, tanda yang belum memiliki ciri-ciri informatif

Fungsi informasi, adalah sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Hubungan antara informasi dan pengambilan keputusan dapat dilihat pada bagan berikut.


Ciri-ciri Informasi:

1.  Amount of information (Kuantitas Informasi), dalam arti informasi yang ada memenuhi kebutuhan banyaknya informasi.
2.  Quality of Information (kualitas Informasi), dalam arti informasi yang ada memenuhi kebutuhan kualitas informasi.
3.  Recency of Information (Informasi Aktual), darlam arti informasi memenuhi kebutuhan informasi baru
4.  Relevance of Information (Informasi yang Relevan atau sesuai), dalam arti memenuhi kebutuhan informasi
5.  Accurracy of Information (Ketepatan Informasi), dalam arti memenuhi kebutuhan ketepatan informasi
6.  Authenticity of Information, (Kebenaran Informasi) dalam arti memenuhi kebutuhan informasi yang benar


Komponen Informasi:

1.  Root of Information,yaitu komponen akar bagian dari informasi pada tahap awal keluaran sebuah proses pengolahan data. Contohnya informasi dari pihak pertama.
2.  Bar of Information, yaitu komponen batangnya dalam suatu informasi, yaitu jenis informasi yang disajikan dan memerlukan informasi pendukung lain sehingga informasi di tahap awal bisa dipahami. Contonya headline sebuah surat kabar, untuk dapat memahami informasi secara utuh maka kita wajib membaca lebih jauh dari informasi tersebut.
3.   Branch of Information, yaitu komponen informasi yang bisa dipahami jika informasi sebelumnya telah dipahami. Contohnya informasi yang merupakan penjelasan keyword yang telah ditulis sebelumnya, dalam matematika, hasil penghitungan adalah merupakan langkah-langkah penyelesaian soal dengan menggunakan rumus-rumus.
4.   Stick of Information, yaitu komponen informasi yang lebih sederhana dari cabang informasi, biasanya informasi ini merupakan informasi pengayaan pengetahuan. Kedudukannya sebagai pelengkap terhadap informasi lain.
5.   Bud of Information, yaitu komponen informasi yang sifatnya semi micro, tetapi keberadaannya sangat penting sehingga di masa yang akan datang, dalam jangka yang akan datang informasi ini akan berkembang dan dicari, serta ditunggu oleh pengguna informasi sesuai kebutuhannya. Contohnya tentang bakat dan minat , cikal bakal prestasi seseorang dan harapan-harapan positif.
6.   Leaf of Information, yaitu komponen informasi yang merupakan informasi pelindung, dan lebih mampu menjelaskan kondisi dan situasi ketika sebuah informasi muncul. Contohnya informasi yang menjelaskan tentang cuaca, musim.

Komentar

  1. Titanium I Phone Case for iPhone 8 and 10
    Titanium I phone case titanium touring is a genuine titanium mens ring solid quality case ford focus titanium for mobile how strong is titanium phones. They fit perfectly joico titanium on iPhone 8 and 10, but the thicker and more sensitive edges tend

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOUSEKEEPING : Metode-Metode Pembersihan Public Area Hotel

JENIS / METODE PEMBERSIHAN AREA Pekerjaan membersihan area umum dilakukan oleh Public Area Attendant / Housemen Section yang bertanggung jawab atas area-area umum dan melakukan perintah-perintah yang diberikan Public Area Supervisor Metode-Metode Pembersihan Public Area dapat dibagi 2 jenis, yaitu  : 1. Metode Pembersihan Secara Manual 2. Metode Pembersihan Dengan Mesin METODE MANUAL Adalah Metode Pembersihan yang menggunakan tenaga manusia tanpa menggunakan bantuan mesin, antara lain : 1. Dry Dusting     Adalah metode pembersihan disuatu permukaan benda dengan menggunakan lap kering sehingga debu terangkat 2. Dump Dusting     Adalah Metode Pembersihan permukaan suatu benda dari kotoran atau debu dengan menggunakan lap lembab 3. Sweeping     Adalah Metode Pembersihan pada permukaan lantai atau anak tangga dari berbagai macam kotoran maupun debu dengan cara menyapu dengan menggunakan broom atau sapu injuk, sapu lidi, sapu plastik. 4. Moping     A

Break Event Point (BEP) - Tugas Harian Sekolah

A. Pengertian BEP BEP atau disebut juga dengan Break Event Point adalah suatu analisis untuk menentukan dan mencari jumlah barang atau jasa yang harus dijual kepada konsumen pada harga tertentu untuk menutupi biaya-biaya yang timbul serta mendapatkan keuntungan / profit. BEP amatlah penting kalau kita membuat usaha agar kita tidak mengalami kerugian, apa itu usaha jasa atau manufaktur, diantara manfaat BEP adalah ; 1.      Alat perencanaan untuk hasilkan laba. 2.      Memberikan informasi mengenai berbagai tingkat volume penjualan, serta hubungannya dengan kemungkinan memperoleh laba menurut tingkat penjualan yang bersangkutan. 3.      Mengevaluasi laba dari perusahaan secara keseluruhan. 4.      Mengganti system laporan yang tebal dengan grafik yang mudah dibaca dan dimengerti. B. Biaya Tetap dan Biaya Variabel Komponen-komponen yang diperlukan dalam perhitungan BEP adalah biaya tetap dan biaya variabel. Didalam sebuah usaha, yang dimaksud biaya tetap adalah total

Bahan Pembersih (Cleaning Supplies); Syarat Bahan Pembersih; Jenis Bahan Pembersih - Tugas Harian Sekolah

Housekeeping Perhotelan BAHAN PEMBERSIH (CLEANING SUFFLIES) A. PERNGERTIAN BAHAN PEMBERSIH        Cleaning Suppllies (bahan pembesih) adalah bahan kimia yang bermanfaat      untuk membantu proses pembersihan. Dilihat dari bentuknya cleaning sufflies     dapat dibedakan menjadi beberapa jenis zat cair, zat padat, powder (bubuk)     dan pasta. B. SYARAT BAHAN PEMBERSIH         Bahan Pembersih yang baik pada umumnya harus memenuhi persyaratan      sebagai berikut :      1. Biodegradable          Yaitu dapat diuraikan oleh mikroorganisme, sehingga tidak membahayakan          lingkugan / tidak mencemari lingkungan.      2. Solubility          Yaitu dapat larut dalam air dan mudah dihilangkan dari permukaan benda          yang dibersihkan.      3. Wetting          Yaitu sifat pembasahan yang kuat, untuk mendapatkan sifat ini diperlukan          zat aktif permukaan (surfactants) untuk menurunkan tegangan permukaan          air, sehingga pe